Kamis, 08 Juni 2017

SOSIALISASI KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) KLUSTER RUMPUT LAUT DI DESA LABUHAN KERTASARI



Kamis, 8/6/2017 bertempat di aula Kantor Desa Labuhan Kertasari telah dilakukan sosialisasi kredit usaha rakyat (KUR) oleh Bank NTB Kantor Cabang Sumbawa Barat. Kegiatan ini difasilitasi oleh Penyuluh Perikanan Sumbawa Barat, Penyuluh Perikanan Bantu dan Dinas Kelautan dan Perikanan Prov. Nusa Tenggara Barat. Kegiatan ini dihadiri oleh Pimpinan Cabang Bank NTB Sumbawa Barat beserta jajarannya, Kabid Budidaya DKP Provinsi, Kabid. Budidaya DKP Kab.Sumbawa Barat, ketua BPD Desa Lab. Kertasari, Babinsa, Agen PDPGR Sumbawa Barat, para kepala dusun, ketua RT dan 60 orang Pembudidaya rumput laut. Acara diawali dengan sambutan dari Kepala Desa Lab. Kertasari, beliau memaparkan antusiasme pembudidaya rumput laut terhadap program KUR, sebenarnya sejak tahun 2012 sudah ada beberapa kelompok yang mengakses modal perbankan namun saat itu masih berupa program KKPE. Tahun 2014 sampai dengan sekarang sudah banyak masyarakat yang mengakses modal Bank khususnya KUR.
Desa Kertasari memiliki beberapa potensi alam yang sangat menjanjikan untuk dikembangkan yaitu rumput laut, jagung, peternakan, kelapa dan pariwisata. Jumlah pembudidaya rumput laut di Desa Lab. Kertasari sebanyak 389 orang yang terhimpun dalam 32 kelompok. Melihat besarnya minat pembudidaya rumput laut terhadap program KUR , DKP Prov NTB dan penyuluh Sumbawa Barat berinisiatif memfasilitasi masyarakat terhadap perbankan khususnya Bank NTB. Seperti yang disampaikan oleh Kabid. Budidaya Prov. NTB telah ada perjanjian kerjasama antara DKP dengan Dirut Bank NTB untuk mengembangkan kluster KUR rumput laut. Kluster dalam hal ini berkaitan dengan sinergitas budidaya rumput laut dengan hal lain yang terkait mulai dari hulu sampai dengan ke hilir bahkan pariwisata. Hal ini diharapkan akan berkembang industri rumput laut di Sumbawa Barat mulai dari hulu sampai ke hilir. Karena produksi rumput laut kering pantai di Desa. Lab. Kertasari cukup besar dan kontinyu serta memiliki kualitas terbaik.
Dalam sosialisasi ini Bank NTB menyampaikan berbagai persyaratan dan mekanisme mendapat KUR bagi para pembudidaya rumput laut. Dengan suku bunga yang hanya 9 % pertahun dan agunan yang tidak diwajibkan (tergantung kelayakan usaha dan hasil survey) dirasa akan sangat membantu pengembangan industri rumput laut khusunya di Desa Lab. Kertasari dan Kab. Sumbawa Barat pada umumnya.
Acara sosialisasi ini diakhiri dengan kunjungan ke lokasi budidaya rumput laut dan pimpinan cabang Bank NTB dan Kabid Budidaya DKP Prov menyempatkan berdialog dengan beberapa pembudidaya rumput laut di lahannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar